Senyum Pelanggan Senyum Kami Jalan Adi Sucipto No.44 Telp 0333-423615,421525 fax : 0333-425180
Content

VISI MISI


1.  VISI

MENJADI PERUSAHAAN YANGPROFESIONAL DALAM MEMENUHIKEBUTUHAN AIR BERSIHDAN AIR MINUMMASYARAKAT BANYUWANGI

 

Penjelasan Visi

Visi PDAM Kabupaten Banyuwangi diharapkan mampu membentuk suatu filosofi perusahaan yang mendasar dan diyakini sebagai panutan dan mampu memobilisasi segenap karyawan dan jajaran manajemen dalam menentukan bentuk dan arah pengembangan perusahaan menuju perusahaan yang sehat dengan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Perusahaan yang profesional berarti perusahaan mendedikasikan seluruh kemampuannya guna pelayanan sebaik-baiknya kepada pelanggan dan masyarakat.

Profesional adalah perusahaan yang mampu mencapai kinerja dengan predikat yang baik, dari aspek keuangan, operasional dan administrasi. Untuk mencapainya PDAM Kabupaten Banyuwangi dituntut untuk mampu tumbuh berkembang baik secara finansial maupun cakupan pelayanan serta menjadi perusahaan yang efisien yaitu dalam kegiatan operasionalnya PDAM harus mampu menekan biaya dan tingkat kehilangan air.

Memenuhi kebutuhan air bersihdan air minumtercermin dari terjaminnya pasokan air bersih dan air minum dengan kualitas air terbaik kepada pelanggan sepanjang musim sehingga kontinuitas pengaliran air bersih dapat diterima 24 jam per hari, cepat tanggap terhadap keluhan dan gangguan pelayanan.Hal ini sesuai dengan motto PDAM Kabupaten Banyuwangi “ Senyum pelanggan, senyum kami ” yang maknanya kepuasan pelanggan adalah tujuan utama dan kebangggaan PDAM.

MISI

 

1)    Pemanfaatan teknologi tepat guna secara profesionalisme untuk penyediaan kebutuhan air bersih dengan kuantitas, kontinuitas dan kualitas air minum dengan harga terjangkau serta keuntungan yang wajar untuk menunjang kegiatan pembangunan Kabupaten Banyuwangi.

2)    Turut berperan aktif dalam melestarikan sumber-sumber air dan melaksanakan penghijauan daerah tangkapan air guna menjaga ketersediaan air baku untuk menunjang kegiatan produksi, transmisi dan distribusi dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

3)    Meningkatkan kualitas dan kesejahteraan sumber daya manusia serta menciptakan hubungan yang harmonis antar personal internal dan eksternal.

Penjelasan Misi

Penyediaan air bersih dengan kualitas yang baik merupakan keinginan kuat yang telah diperhitungkan oleh PDAM  sehingga mampu memberikan produk yang prima kepada pelanggan, paling tidak untuk zona tertentu dapat diberikan penyediaan air bersih dengan kuantitas, kontinuitas dan kualitas air minum dengan harga wajar yang terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat Banyuwangi.

Untuk menunjang misi ini diperlukan penggunaan teknologi tepat guna untuk mempermudah kegiatan produksi, transmisi dan distribusi yang pada akhirnya PDAM dapat memberikan pelayanan prima kepada pelanggan dan masyarakat pada umumnya.

Syarat pokok untuk dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan standar kuantitas, kualitas dan kontinuitas yang baik adalah ketersediaan air baku yang cukup dan berkualitas, PDAM Kabupaten Banyuwangi sangat tergantung kepada ketersediaan air baku yang berupa mata air dan air tanah yang berada di wilayah Kabupaten Banyuwangi.Untuk perkembangan dan peningkatan kapasitas produksi dimasa yang akan datang, diperlukan kelestarian sumber air dengan jalan kerjasama dengan instansi terkait, sehingga pelayanan air bersih dan air minum kepada masyarakat dapat dicapai. Kelestarian sumber air dan air tanah perlu dijaga tidak saja kuantitasnya yang dari waktu ke waktu semakin dibutuhkan untuk pengembangan, namun juga kualitasnya agar tidak tercemar oleh bahan-bahan pencemar yang mempengaruhi kualitas air yang dikonsumsi oleh  pelanggan PDAM Kabupaten Banyuwangi.

Dalam rangka meningkatkan dan mengutamakan pelayanan, PDAM Kabupaten Banyuwangi akan terus menerus meningkatkan efisiensi dan efektifitas penggunaan sumber daya yang dimiliki dengan mendasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi yang didukung oleh profesionalisme karyawannya. Profesionalisme karyawannya diperlukan agar kinerja manajemen yang berorientasi pada pelayanan pelanggan dapat berjalan dengan baik.

Dari sisi sumber daya manusia (SDM), adanya komitmen penyediaan air bersih dengan kuantitas, kontinuitas dan kualitas air minum, PDAM tidak ada pilihan lain selain harus selalu meningkatkan profesionalisme SDM-nya, baik profesionalisme dalam bidang teknologi maupun dalam pelayanan. Hal ini perlu dilakukan peningkatankompetensiSDMyang berarti meningkatkan kualitas SDMdengan cara mengikuti program pendidikan dan pelatihan yang berkesinambungan.

Dengan tiga misi tersebut berarti PDAM diharapkan mampu meningkatkan dan mengutamakan pelayanan kepada pelanggan dan masyarakat pada umumnya.