Senyum Pelanggan Senyum Kami Jalan Adi Sucipto No.44 Telp 0333-423615,421525 fax : 0333-425180
Content

SEJARAH PDAM BANYUWANGI


Short brief


Didirikan pada 1927 dengan nama waterleiding bedrijf oleh VOC melalui penugasan KNIL di Banyuwangi memanfaatkan mata air sumber gedor dengan kapasitas 10 liter / detik sebagai bahan bakunya. Melalui broncaptering yang dibangun tahun 1927 untuk menangkap mata air di sumber gedor yang selanjutnya air ditransmisikan ke bak pelepas tekan di desa boyolangu dan ditampung di tandon penataban dengan kapasitas 500 m3 yang kemudian siap didistribusikan kepada masyarakat perkotaan, Pada saat kemerdekaan pemerintah republik indonesia tahun 1945 terjadi peralihan kekuasan  dari pemerintah hindia belanda kepada pemerintah republik indonesia sedangkan pelayanan air minum menjadi bagian dari pemerintah kabupaten banyuwangi yang kemudian dikelola langsung oleh Dinas pekerjaan umum kabupaten (PUK) dengan nama unit saluran air minum(SAM).
    1969 Dalam melaksanakan program pemerintah untuk lebih meningkatkan pelayanan dan penggalian sumber pendapatan asli daerah maka status unit saluran air minum yang semula dibawah dinas puk dirubah dibawah dinas perusahann daerah  bersama sama unit yang lain yaitu unit aneka usaha blambangan. Pada  1972 Pemerintah pusat memberikan bantuan untuk pembangunan peningkatan kapasitas sumber dengan membangun broncaptering  (bak penangkap air sumber ) yang lebih besar , disertai pembangunan tandon baru di penataban dengan volume 1000m3.
TAHUN 1974
Pada tahun ini terjadi alih status dari salah satu unit dibawah dinas perusahaan menjadi Perusahaan daerah air kabupaten banyuwangi dikandung maksud memberikan otonomi lebih besar untuk pengelolaan perusahaan dan pelayanan kepada masyarakat dengan diterbitkannya Perda No.8 tahun 1974 tentang Pendirian Perusahaan daerah air minum.
TAHUN 1974  S/D TAHUN 1982
Tanggung jawab pdam semakin tahun semakin dituntut untuk meningkatkan cakupan pelayanannya ,maka untuk menjawab tantangan tersebut pdam banyuwangi berusaha mengembangkan diri. Dengan dana pinjaman Bank Dunia pada tanggal 31 Oktober 1974 melalui perjanjian pinjaman antara pemerintah indonesia dengan International Bank for Reconstruction and development yang menyetujui pinjaman untuk membangun proyek air minum di 5 kota diantaranya adalah PDAM Banyuwangi.Dana pinjaman tersebut dipergunakan untuk membangun gedung kantor,laboratorium , gudang,rumah dinas,pemandian umum dan jaringan pipa ,yang pembangunannya selesai tahun 1974 dan diserahkan pada tahun 1985.
TAHUN 1974  S/D TAHUN 1982
Tanggung jawab pdam semakin tahun semakin dituntut untuk meningkatkan cakupan pelayanannya ,maka untuk menjawab tantangan tersebut pdam banyuwangi berusaha mengembangkan diri. Dengan dana pinjaman Bank Dunia pada tanggal 31 Oktober 1974 melalui perjanjian pinjaman antara pemerintah indonesia dengan International Bank for Reconstruction and development yang menyetujui pinjaman untuk membangun proyek air minum di 5 kota diantaranya adalah PDAM Banyuwangi.Dana pinjaman tersebut dipergunakan untuk membangun gedung kantor,laboratorium , gudang
 


Tanggal Pos : 2016-10-21

No results found.
Komentar :
Saya Bukan Robot* :